Books

Dealova (2004)

DEALOVA (2004)

DEALOVA merupakan novel teenlit lokal pertama yang diterbitkan oleh PT. Gramedia Pustaka Utama. Novel ini menceritakan tentang seorang gadis tomboi bernama Karra yang dicintai oleh dua orang lelaki, Dira dan Ibel. Dira yang merupakan anak baru di SMU Persada ternyata mampu membuat Karra jungkir balik dengan sifatnya yang tengil dan cuek. Namun siapa sangka di balik sifatnya itu, Dira justru menyimpan sebuah rahasia besar tentang hidupnya. Sementara Ibel yang merupakan sahabat Iraz, kakak Kara, diam-diam juga juh cinta pada Kara. Perbedaan sifat yang mencolok antara Dira dan Ibel menjadikan cerita ini semakin menarik ditambah bahasa penceritaan yang ringan mampu membawa pembaca menyelami dunia remaja dengan segudang permasalahannya. Lalu siapakah yang akhirnya dipilih oleh Kara?

 

Rahasia Bintang (2006)

 

Rahasia Bintang (2006)

Sejak ditinggal sahabatnya waktu kecil, Keysha nggak percaya lagi yang namanya sahabat. Baginya lebih baik mencari banyak teman daripada satu orang sahabat. Tapi semua berubah ketika dia mengenal Aji – cowok berandal, brengsek, tukang bikin onar, dan terkenal playboy di sekolah. Sejak mengenal Aji, setiap hari Keysha selalu jantungan menghadapi semua perilakunya yang gampang emosian. Apalagi ditambah musuh-musuh Aji yang jumlahnya bejibun. Keysha jadi merasa tidak aman dan terancam.

Tapi bagaimana jadinya kalau ternyata cowok brengsek macam Aji justru menaruh kepercayaan besar pada Keysha sehingga ia berani menceritakan rahasianya yang paling dalam? Dan apa jadinya kalau orang seperti Aji akhirnya jatuh cinta pada Keysha?

 

Canting Cantiq (2009)

Canting Cantiq (2009)

Melanie Adiwijoyo adalah putri tunggal pengusaha terkenal Aryo Adiwijoyo. Punya panggilan miss perfect karena cantik, kaya, otak encer dan punya fashion taste yang keren banget. Mel, paggilan akrab Melanie, punya mata elang untuk mendeteksi gaya berpakaian seseorang. Cita-citanya tak pernah berubah. Jadi Model International yang menyaingi Victoria Beckham di red carpet.

Namun tiba-tiba musibah itu terjadi. Perusahaan ayahnya bangkrut dan Mel terpaksa dititipkan ke rumah Eyang Santoso di Jogja. Ya, Yogyakarta. Hal itu membuat Mel shock berat. Apalagi pas tahu kalau ternyata rumah Eyang Santoso telah berubah menjadi kos-kosan yang berisi orang-orang dengan kelakuan dan gaya berpakaian yang superduper aneh. Sangat norak dan kampungan menurutnya. Ada Saka, cowok Jawa yang selalu berpakaian kemeja lurik mirip kayak Pak kusir. Ada Jhonny yang selalu bergaya jadul yang demen banget pakai warna ngejreng dan norak. Belum lagi Aiko, cewek berwajah oriental yang sering mengenakan cardigan kebesaran, Dara yang bergaya sangat rocker, Dido yang mirip tokoh kartun Fido Dido berkacamata dan Ipank, cowok pecinta alam yang sangat kurang ajar. Namun di antara orang-orang aneh itu, ada cowok bernama Bima yang terlihat paling normal. Sayangnya, Bima sangat pendiam dan susah ditebak. Tipikal cowok yang nurut-nurut aja. Tapi setidaknya Bima bisa membuat Mel sedikit melupakan Marco, cowoknya yang brengsek itu.

Sanggupkah Melanie hidup di lingkungan barunya? Apalagi ia bertemu dengan desainer kebaya bernama Aryati Sastra yang keukeuh banget mangajari dia menjahit. Menjahit? No way! Calon model internasional kan nggak perlu susah payah belajar menjahit! Apakah Melanie berhasil mencapai cita-citanya untuk jadi model internasional? Temukan semuanya hanya di Canting Cantiq.

 

Cinderella Rambut Pink (2011)

 

Cinderella Rambut Pink (2010)

Karena dianggap merusak nama baik keluarga besar Montaimana, bertahun-tahun Oscar tinggal di Amerika. Tapi ternyata Oscar nggak berubah. Dia tetap jadi anak nakal yang malas dan hobi berantem. Cuma satu yang dia cintai: membidik objek dari balik kameranya.

Mengetahui di Jogja banyak tempat indah, Oscar langsung terbang ke sana untuk sekalian bertemu Bima, kakaknya. Tapi apesnya, di Jogja kepala Oscar malah jadi sasaran sepatu dekil seorang cewek eksentrik bernama Dara.

Kepribadian Dara yang unik dan mandiri menarik perhatian Oscar. Padahal penampilan Dara agak-agak ajaib untuk seorang cewek. Celana belel, kaus hitam, rambut highlight pink, dan permen karet yang tak pernah ketinggalan di mulut. Sangat ngasal dan berantakan!

Di sisi lain, Dara merasa hari-harinya jadi penuh kesialan. Selain karena sepatunya yang diberi nama Mr. Dekil hilang, Dara juga mendapati pacarnya, Ray, selingkuh. Belum lagi ada cowok bernama Oscar yang sepertinya sok mau tau dengan kehidupannya. Apa maunya sih cowok itu?

 

Rock’n Roll Onthel (2012)

Rock’n Roll Onthel (2012)

Saka, anak seorang dalang yang punya cita-cita jadi anak band. Di tengah keluarga yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai tradisional, Saka malah tergila-gila dengan musik rock and roll. So pasti cita-citanya itu ditentang habis-habisan oleh orangtuanya. Apalagi pas tahu kalau Putri, adik kesayangannya yang menjadikan Saka sebagai panutan, tiba-tiba ngotot ingin ikut bersamanya ke kota.

Kenangan kehilangan orang yang dicintai membuat Saka memutuskan untuk berhenti menjadi jawara di Gudang Sembilan, tempat para musisi andal bertempur. Tapi sebuah peristiwa memaksanya kembali ke sana dan naik panggung dengan segala trauma dalam dirinya.

Ternyata situasinya telah berubah. Saka harus memulai semua dari nol. Ia diremehkan karena penampilan, dicaci maki band-band senior, ribet mencari personel band bahkan ia sampai harus merelakan sepeda onthel kesayangannya dijual.

Lalu apakah cita-cita Saka untuk jadi anak band tercapai? Apa orangtua Saka akan menyetujuinya? Terserah! Yang penting, sekali merdeka tetap ROCK and ROLL!

 

Kotak Pelangi (2016)

Kotak Pelangi (2015)

Semua tahu Ipank menyukai Aiko sejak pertama kali mereka bertemu di kos-kosan Soda. Jadi ketika cewek itu masuk kampus yang sama, Ipank jadi overprotective dan mati-matian melindunginya. Sayangnya, kelakuan Ipank itu justru membuat Aiko nggak nyaman. Belum lagi sifat Ipank yang gampang emosi dan jealous.

Tidak banyak yang tahu cewek pendiam seperti Aiko ternyata memiliki cerita kelam di keluarganya. Rahasia pun terungkap. Jawaban atas mimpi-mimpi buruk Aiko dan bola mata hitam pekat yang mengintai kos-kosan Soda.

Dan anehnya, justru Ipank orang yang paling terancam keselamatannya…

 

11 Jejak Cinta (2015)

11 Jejak Cinta (2015)

Penyesalan, penolakan, perpisahan memberi jejak kepedihan akibat cinta. Namun kisah kehilangan tidak pernah menyurutkan rasa. Takdir cinta yang ambigu tidak pernah membuat kita ragu.

Hening dalam bahagia. Mencecap rasa menikmati suka. Kadang kita menemukan cinta ketika tak mengindahkan keberadaannya. Apakah cinta hanya fatamorgana ataukah dia meninggalkan jejak dalam hati kita?

Ke-11 pengarang Teenlit GPU lintas generasi mempersembahkan cinta mereka untuk para penggemar melalui kumpulan cerpen ini.

11 Jejak Cinta menyuguhkan beragam rasa dan tema kisah remaja yang menyentuh hati. Selamat menyusuri jejak-jejak cinta yang tertinggal di buku ini!

Cerita Cinta Indonesia (2016)

Cerita Cinta Indonesia:

45 Cerpen Terpilih (2014)

Beragam tema, beragam kisah terangkum di kumpulan cerita pendek Cerita Cinta Indonesia ini. Mulai dari jejak sastra hingga cerita pendek TeenLit tergores dalam 45 cerpen buah karya 45 penulis yang pasti sudah Anda kenal. Kumpulan cerita pendek ini adalah semacam bentuk syukur dan terima kasih bahwa kami masih bisa meneruskan semangat dalam berkarya.

Membaca kumpulan cerita pendek ini seakan memilih beraneka rasa dan rupa dalam sajian paket lengkap. Sebab, ada begitu terlalu banyak kisah kehidupan yang menunggu untuk diceritakan, dan yang terdapat dalam buku ini hanya sebagian kecilnya. Tak pernah cukup kisah cinta, misteri, persahabatan, dan beragam tema lainnya di dunia ini untuk ditampilkan dalam bentuk karya sastra atau cerita populer.

Apa pun rasa dan rupa yang Anda dapatkan saat membacanya, kami berharap Anda menikmati sajian Cerita Cinta dengan rasa Indonesia ini.

***

Kumpulan Cerpen ini ditulis oleh 45 Penulis GPU:
Ahmad Tohari, aliaZalea, Andina Dwifatma, Anjar Anastasia, Arswendo Atmowiloto, Ayu Gendis, Boim Lebon, Budi Maryono, Clara Ng, Debbie Widjaja, Dewi Kharisma Michellia, Dewi Ria Utari, Dewie Sekar, Dyan Nuranindya, Eka Kurniawan, Erlin Cahyadi, Esti Kinasih

 

Menggapai Angkasa Nusantara (2018)

Menggapai Angkasa Nusantara (2018 (2018)

Diangkat dari kisah nyata, novel ini menceritakan tentang petualangan seorang Saleh Sudrajat dan tim ekspedisi terbang solo Sabang- Merauke Wanadri dan Kemenegpora 2008. Saleh sudrajat dengan pesawat Trike (sejenis gantole bermesin. red) mampu menjelajahi angkasa dengan 27 titik pemberhentian di sepanjang lintasan. Sebuah kisah inspiratif tentang semangat, kegigihan, perjuangan serta kerjasama tim di dalam sebuah ekspedisi penerbangan berskala besar. Petualangan menengangkan ini merupakan perwujudan dari semangat Wanadri sebagai petualang darat, laut dan udara, yang merupakan sebuah bentuk perayaan momen 100 tahun Kebangkitan Nasional. Buku yang mengajarkan kita untuk menghargai setiap perististiwa dalam hidup dan memberikan inspirasi bagi putra-putri pertiwi.

 

99  Cara Mudah Menjadi

Penulis Kreatif (2016)

suatu perpaduan yang baik dan unik ketika dapat menyatukan pengalaman para penulis senior dan junior dalam kreativitas dunia imajinasi ke dalam buku. Dengan bahasa yang sederhana, buku ini menyajikan cara – cara mudah dalam menangkap, mengolah, memaknai, dan menuangkan ide ke dalam tulisan yang mengandung keindahan, kebenaran dan keharuan baik berupa artikel, autobiografi, puisi, cerpen, komik, drama, maupun novel