Bungee jumping

Mentang-mentang sedang dalam masa pengangguran, pola hidup saya menjadi kurang teratur. Bangun pagi, shalat subuh, tidur lagi dan bangun sangat siang. Sangat tak sehat.  Siang hari kerjaan saya hanya di kamar sambil melihat berita di televisi. Akhir-akhir ini, dalam jangka waktu yang hampir berdekatan, saya dibuat tercengang dengan tren yang terjadi di Indonesia. Percobaan bunuh diri dengan terjun dari lantai atas gedung. Saya memang pecinta ketinggian. Tapi saya tak pernah  sekalipun berpikir untuk bungee jumping dari sebuah tower tanpa pengaman sama sekali.
Saya sempat berpikir bahwa seharusnya televisi tidak menayangkan hal-hal yang dapat memicu orang-orang untuk mencoba. Termasuk kasus percobaan bunuh diri dengan melompat dari atas tower. Itulah yang terjadi akhir-akhir ini di beberapa daerah di Indonesia. Fenomena bungee jumping. Saya sangat menyadari bahwa masyarakat Indonesia sangat cerdas sehingga mampu meng-addapt budaya-budaya barat yang masuk dengan sangat mudah. Tak bisa disangkal, saya pun juga turut menjadi korban adaptasi budaya tersebut. Saat demam reality show, ajang pencarian bakat, dan chatting berkibar di Indonesia, saya juga pernah menjadi salah satu penggemarnya. Tidak fanatik memang. Tapi saya sangat menyadari bahwa hukum gossen dalam ilmu ekonomi memang berlaku dalam kehidupan. Nanti ada saatnya orang-orang akan merasa jenuh dan mencari sesuatu yang jauh lebih menarik. Anda boleh bilang saya latah. Bukankah negara kita memang terkenal dengan budaya latahnya?
Saya pernah mengadakan satu penelitian kecil. Suatu hari saya menaiki bus umum. Waktu itu bus lumayan ramai sehingga saya tidak mendapat tempat duduk. Lantas dengan tiba-tiba saya menggerakkan leher dan menatap kaget pada satu objek di luar jendela. Dan apa yang terjadi? Sebagian besar penumpang bus ikut menengok kearah tersebut dengan penasaran. Padahal yang saya lihat hanyalah seekor kucing tanpa sesuatu yang spesial disana. Dalam hati saya tertawa kecil.
Selama tidak berlebihan dan negatif, mengadaptasi budaya luar bukanlah hal yang buruk. Semua orang pasti pernah melakukannya. Tapi kalau fenomena bungee jumping tanpa pengaman seperti yang saya ceritakan diatas, itu sudah pasti adaptasi yang salah. Ingat, spiderman yang bisa loncat dari atas gedung dengan jaring laba-labanya, superman yang juga bisa loncat dari gedung dan langsung terbang, bahkan seorang gatot kaca yang dengan gagah berani melompat dari gedung hanyalah tokoh khayalan. Jika anda ingin lompat dari atas gedung dan berharap sebuah sayap akan keluar dari punggung anda. Anda mungkin berhasil. Karena mungkin anda sedang tertidur dan bermimpi. Atau mungkin anda sudah tidak ada lagi di dunia….