Books

DEALOVA

IMG_0061
Sinopsis:
Karra, cewek tomboi yang jago main basket ini memang beda. Rambutnya nggak cepak seperti kebanyakan cewek tomboi, tampangnya manis, dan orangnya nyantai banget. Tapi kalau Karra udah marah, waaah… bisa gawat.

Jadi cewek seperti Karra itu beruntung banget. Selain punya kakak cowok yang sayang banget sama dia–namanya Iraz– teman-teman Iraz juga care sama Karra. Terutama Ibel, cowok jago main gitar yang suka wrna biru. Bahkan waktu harus keluar negeri,Iraz malah menitipkan Karra pada Ibel.

Selama ini Karra menganggap Ibel sebagai kakak, jadi dia cuek aja waktu Ibel menunjukkan perhatian. Karra malah ditaksir Dira, anak baru di sekolah yang juga jago main basket. Tampang Dira yang sok cool tapi sengak bikin Karra sebel banget sama cowok itu. Tapi katanya, batas antara cinta dan benci itu tipis banget. Iya nggak sih?

Dealova Quotes:

“Kalau elo cuma punya tenaga, tapi nggak punya otak, percuma! Elo nggak pantes jadi kapten!” (Dealova, 2004:24)

“Kalau bukan karena elo, Mungkin seumur hidup gue nggak akan pernah mau ngalah sama orang lain.” (Dealova, 2004:78)

“Mungkin elo belum terlalu kenal dia. Siapa tau dia punya maksud baik sama elo. Jangan menilai orang dari penampilannya…” (Dealova, 2004:114)

If you can’t have the one you love, love the one you have..” (Dealova, 2004:122)

Selama ini aku belajar untuk menembus rasa cinta yang hanya didasari oleh hal-hal nyata yang dapat dilihat atau diraba. Dan ternyata, keindahan sejati bukanlah yang terlihat pada kulit luarnya saja…(Dealova, 2004:163)

“….just be nice to him. Someday he’ll come to his senses, and he’ll be sorry for the way he treats you.” (Dealova, 2004:178)

“Gue disini , Dir. Gue nggak akan kemana-mana. Elo nggak sendiri…”

(Dealova, 2004:227)

“…. Dunia terasa gelap tanpa harapan. Tapi Karra percaya, ada tangan-tangan Tuhan yang tidak terlihat oleh mata yang mengatur seluruh kehidupan di bumi ini agar selalu berjalan seimbang.” (Dealova, 2004:253)

Rahasia Bintang

IMG_0514

“…. hari ini aku liat tawuran lagi. Kenapa sih, orang-orang pada nggak takut mati? Apa sekarang ini nyawa udah nggak berharga lagi? Padahal di rumah sakit banyak banget orang-orang yang mati-matian bertahan hidup.” (Rahasia Bintang, 2006:44)

“…. kenapa sih orang dengan gampang melakukan kekerasan hanya untuk mewujudkan keinginannya? Apa yang terjadi dengan dunia ini? Aku jadi takut. Aku takut kejahatan orang-orang yang menganggap hidup nggak berarti itu menimpa orang-orang yang kukenal dan kusayangi. Apa mereka nggak punya orang-orang yang mereka sayangi? Apa mereka juga punya rasa takut seperti aku?” (Rahasia Bintang, 2006:44)

“…kamu tau nggak, kenapa kebanyakan cewek lebih suka dibilang cantik daripada cerdas? Soalnya cowok-cowok lebih jago melihat daripada berpikir…” (Rahasia Bintang, 2006:90)

“… yang namanya cinta itu cuma bisa dilihat lewat hati. Lo nggak akan sadar saat dia ada di depan lo. Tapi elo akan sadar saat dia nggak ada di sisi lo. Elo akan setia menunggunya meskipun dia nggak memerdulikan elo. Dan… disaat elo tau dia mencintai orang lain, elo akan melepaskannya supaya dia bahagia….” (Rahasia Bintang, 2006:196)

“… kalo bingung mau memulai cerita darimana, coba aja mulai dari perasaan yang elo rasain…” (Rahasia Bintang, 2006:211)

“Mungkin cewek-cewek bisa cepet naksir sama cowok keren, ckep, macho, rapi dan kaya. Tapi menurut aku itu terlalu standar. Terlalu fisik. Padahal cinta itu kan nggak dilihat dari segi itu aja….

“Aku lebih suka melihat cowok dari kepribadiannya. Nggak harus serba perfect, tapi setidaknya dia tau bagaimana caranya memperbaiki hidupnya agar lebih baik….” (Rahasia Bintang, 2006:300)

Kadang orang nggak sadar kalau segala sesuatu yang terjadi di dunia ini sudah diatur oleh Tuhan sedemikian rupa. Tapi percaya deh, dibalik semua kejadian yang menimpa, ada rahasia yang berharga banget di baliknya. Selama ada keinginan yang kuat, segala masalah pasti dapat teratasi. Karena dunia itu letaknya di tangan, bukan di hati….

(Rahasia Bintang, 2006:309)

Canting Cantiq

IMG_0075

 

“Saya berpikir, buat apa kita sekolah tinggi-tinggi, buat apa kita punya gelar panjang-panjang kalau kita tidak berada di tempat yang membutuhkan kita…”

(Canting Cantiq, 2009:)

“Saat ini, saya sedang berada di perjalanan akhir hidup saya. Gelar, kekuasaan, harta menjadi hal yang tidak penting lagi. Karena yang terpenting saat ini adalah bagaimana saya mempergunakan sisa umur saya untuk lebih bermanfaat untuk generasi penerus saya…” (Canting Cantiq, 2009:)

“… kalau setiap kali emosi gue keluar, gue harus naik ke pohon dan duduk disana. Karena dari atas kita bisa melihat permasalahan keseluruhan dari sudut yang lebih objektif. Sejak saat itu setiap kali gue emosi, gue selalu nyari pohon dan mencoba me-reply kejadian untuk melihatnya dari atas.” (Canting Cantiq, 2009:)

Batik berasal dari kata ‘mba’ yang artinya dalam bahasa Jawa adalah membuat. Dan ‘tik’ yang merupakan singkatan dari kata titik. Coba perhatikan, lekukan-lekukan indah itu dibuat dari gabungan titik-titik yang membentuk garis…”

(Canting Cantik, 2009:)

“…tidak ada satupun kesuksesan yang dapat bertahan lama kalau manusia sudah mengeluarkan sifat sombongnya.” (Canting Cantik, 2009:)

“Saya malu karena sebagai warga Negara Indonesia saya sama sekali tidak mengenal Tanah Air saya sendiri,”

“Kebanyakan orang gagal adalah orang yang nggak menyadari betapa dekatnya dia dengan keberhasilan saat dia memutuskan untuk menyerah.”

“Saya pikir… gimana orang Indonesia mau mencintai batik dan kebaya kalau harga pakaian tersebut di Indonesia sendiri mahal.”

Style memang penting untuk membentuk image seseorang. Bahkan kadang style almost everything dalam kepribadian. Tapi sebenarnya, style dan kepribadian harus seimbang. Nggak bagus juga kan, kalau style-nya bagus tapi kepribadiannya jelek. Begitu juga sebaliknya.”

Cinderella Rambut Pink

IMG_0077

SINOPSIS:

Karena dianggap merusak nama baik keluarga besar Montaimana, bertahun-tahun Oscar tinggal di Amerika. Tapi ternyata Oscar nggak berubah. Dia tetap jadi anak nakal yang malas dan hobi berantem. Cuma satu yang ia cintai: Membidik objek dari balik kameranya.

Mengetahui di Jogja banyak tempat indah, Oscar langsung terbang kesana untuk sekalian bertemu Bima, kakaknya. Tapi apesnya, di Jogja kepala Oscar malahan jadi sasaran sepatu dekil seorang cewek eksentrik bernama Dara.

Kepribadian Dara yang unik dan mandiri menarik perhatian Oscar. Padahal penampilan Dara agak-agak ajaib untuk seorang cewek. Celana belel, kaos hitam, rambut highlight pink , dan permen karet yang nggak pernah ketinggalan di mulut. Sangat ngasal dan berantakan!

Di sisi lain, Dara merasa hari-harinya penuh kesialan. Selain karena sepatunya yang diberi nama Mr. Dekil hilang, Dara juga mendapati pacarnya, Ray, selingkuh. Belum lagi ada cowok bernama Oscar yang sepertinya sok mau tau dengan kehidupannya. Apa maunya sih cowok itu?

ROCK’N ROLL ONTHEL

IMG_0076

 

Saka, anak seorang dalang yang punya cita-cita jadi anak band. Di tengah keluarga yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai budaya tradisional, Saka malah tergila-gila dengan musik Rock and Roll. So pasti cita-citanya itu ditentang habis-habisan oleh orangtuanya. Apalagi pas tahu kalau Putri, adik kesayanganya yang menjadikan Saka sebagai panutan, tiba-tiba ngotot ingin ikut bersamanya ke kota.
Kenangan kehilangan orang yang dicintai membuat Saka memutuskan untuk berhenti menjadi jawara di Gudang Sembilan. Tempat para musisi handal bertempur. Tapi sebuah peristiwa memaksanya kembali ke sana dan naik panggung dengan segala trauma di dirinya.
Ternyata situasinya telah berbeda. Saka harus memulai semua dari nol. Ia diremehkan karena penampilan, dicaci maki band-band senior, ribet mencari personil band bahkan ia sampai harus merelakan sepeda onthel kesayangannya dijual.
Lalu apa cita-cita Saka untuk jadi anak band tercapai? Apa orangtua Saka akan menyetujuinya? Terserah! yang penting sekali merdeka tetap ROCK and ROLL!

 

KOTAK PELANGI

KOTAK PELANGI

Semua tahu kalau Ipank menyukai Aiko sejak pertama kali mereka bertemu di kos-kosan Soda. Jadi ketika cewek itu masuk kampus yang sama, Ipank jadi over protective dan mati-matian melindunginya. Sayangnya, kelakuan Ipank itu justru membuat Aiko merasa nggak nyaman. Belum lagi sifat Ipank yang emosian dan gampang jealous-an itu.
Tidak banyak yang tahu cewek pendiam seperti Aiko ternyata memiliki cerita kelam di keluarganya. Cerita itu pada akhirnya berpengaruh pada timbulnya masalah-masalah di kos-kosan Soda. Dan mau tak mau, Ipank terbawa masuk ke dalam masalah tersebut.
Di sisi lain, kondisi Eyang Santoso–pemilik kos-kosan Soda, semakin mengawatirkan. Beliau lebih sering berada di kamarnya dan meminta Aiko menggambarkan keindahan alam Indonesia untuknya. Tak disangka, ternyata Eyang Santoso mengetahui apa yang sebenarnya terjadi akhir-akhir ini di kos-kosan Soda.
Rahasia pun terungkap. Jawaban atas mimpi-mimpi buruk Aiko, bola mata hitam pekat yang mengintai kos-kosan Soda, hingga anak kecil yang mengaku sebagai sepupu Aiko.
Dan anehnya, justru Ipank orang yang paling terancam keselamatannya…

CERITA CINTA INDONESIA

Kumpulan cerpen 45 penulis GPU

Cerita Cinta Indonesia

Beragam tema, beragam kisah terangkum di kumpulan cerita pendek Cerita Cinta Indonesia ini. Mulai dari jejak sastra hingga cerita pendek TeenLit tergores dalam 45 cerpen buah karya 45 penulis yang pasti sudah Anda kenal. Kumpulan cerita pendek ini adalah semacam bentuk syukur dan terima kasih bahwa kami masih bisa meneruskan semangat dalam berkarya.

Membaca kumpulan cerita pendek ini seakan memilih beraneka rasa dan rupa dalam sajian paket lengkap. Sebab, ada begitu terlalu banyak kisah kehidupan yang menunggu untuk diceritakan, dan yang terdapat dalam buku ini hanya sebagian kecilnya. Tak pernah cukup kisah cinta, misteri, persahabatan, dan beragam tema lainnya di dunia ini untuk ditampilkan dalam bentuk karya sastra atau cerita populer.

Apa pun rasa dan rupa yang Anda dapatkan saat membacanya, kami berharap Anda menikmati sajian Cerita Cinta dengan rasa Indonesia ini.

***

11 Jejak Cinta

Kumpulan Cerpen 11 Penulis Teenlit GPU


11 jejak Cinta

Penyesalan, penolakan, perpisahan memberi jejak kepedihan akibat cinta. Namun, kisah kehilangan tak pernah menyurutkan rasa. Takdir cinta yang ambigu tak pernah membuat kita ragu.

Hening dalam bahagia. Mencecap rasa menikmati suka. Kadang kita menemukan cinta ketika tak mengindahkan keberadaannya. Apakah cinta hanya fatamorgana ataukah dia meninggalkan jejak di hati kita?

Ke-11 pengarang Teenlit GPU lintas generasi mempersembahkan cinta mereka untuk para penggemar melalui kumpulan cerpen ini. 11 Jejak Cinta menyuguhkan beragam rasa dan tema kisah remaja yang menyentuh hati. Selamat menyusuri jejak-jejak cinta yang tertinggal di buku ini!