Gue di-Bully, SoBb!

20120209-101428.jpg

Kemarin saya inget kejadian-kejadian yang ‘agak’ janggal ketika saya sekolah dulu. Sadar nggak sih kalau kekerasan sebenarnya udah terjadi sewaktu kita TK-SMP?Bahkan kadang itu meyangkut hak asasi seorang anak. Dan justru pihak yang melakukan kekerasan malahan teman sebayanya.
Saya baru sadar kalau kondisi kejiwaan seseorang sewaktu dewasa itu sebenarnya justru dilihat dari bagaimana perlakuan lingkungan kepada mereka waktu sekolah dulu.Bisa aja orang yang waktu kecil sering dibully teman-teman sekolahnya, pas dewasa dia bisa sukses dan bales dendam. Contoh kasusnya banyak banget.Salah satunya ya yang baru aja saya lihat di TV. Dia adalah seorang wanita kaya raya yang melakukan operasi plastik di beberapa titik di tubuhnya. Hasilnya, dia beneran mirip Barbie padahal usianya sudah kepala 5.Dia cerita kalau dirinya sering dibully karena penampilannya yang nerd dan fisiknya yang ‘nggak cantik’. Dan saat itu nggak ada satupun teman-temannya yag membela dia.Dia ditertawakan,dicemooh,dll. Untung dia ggak mati bunuh diri saat itu.

Sebenarnya kalau kita membiarkan sesuatu yag nggak adil terjadi di depan kita tanpa kita berbuat sesuatu, itu sama aja kita ikut melakukan perbuatan tersebut.Dan kecenderungan sifat anak-anak usia TK-SMP adalah mereka takut dimusuhi,takut kehilangan teman meskipun dia tahu bahwa yang dilakukan teman-temannya salah. Jujur,ketakutan itu sempat hinggap di hati saya. Pas udah segede ini sih… Santai aja. Selama yang kita lakukan benar.Ya nggak, Sob?

Saya ingat sewatu SD, kalau pas pelajaran olahraga ada anak pendiam yang nggak sengaja terkena bola di kepalanya, teman-temannya justru mengejek dan tetawa lebar. Sadar nggak sih, Genk, kalo hal itu freak?Orang nggak salah apa-apa dan terkena bola di kepalanya malahan dianggap lucu??? Itu cuma salah satu contoh dari sekian banyak contoh lainnya yang jauuuh…jauuuh…jauuuh lebih Freak!

Seandainya waktu bisa diulang, kita nggak perlu sok jagoan dengan nyamperin anak-anak yang menertawakan itu kok. Tapi berbuatlah hal kecil dengan menanyakan kondisi anak yang diperlakukan nggak adil itu. Menurut saya hal kecil itu sudah cukup membuat anak itu merasa lebih manusiawi.

Anyway,ini adalah foto teman-teman kampus saya yang sedang mem-bully saya disaat ada kesempatan huahahaha…..

20120209-101441.jpg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *